Minggu, 30 Oktober 2011

Kehidupan Nelayan

Berhari-hari menerjang ganasnya ombak dengan taruhan nyawa, kerja keras para nelayan seakan tidak tertandingi. Berangkat malam pulang pagi atau sebaliknya berangkat pagi pulang malam pun nelayan jalani. Ironisnya, kondisi dan kualitas hidup para nelayan tak beranjak lebih baik. Belajar dari sejarah, pada dasarnya nelayan Indonesia memiliki kemampuan handal dalam menaklukkan lautan. Namun, sejarah tak lagi mencatat kehandalan nelayan. Kini, mereka dihadapkan pada persoalan-persoalan mendasar yang bersumber pada keengganan pemerintah untuk menjalankan amanah konstitusi.
Tentu menjadi pertanyaan, mengapa nelayan kita tetap miskin, sedangkan potensi pesisir dan kelautan Indonesia cukup besar? Situasi nelayan tradisional yang terhimpit krisis ini akibat dari kebijakan pemerintah yang lebih berat kepada pengusaha dan pemilik modal. Mereka harus berhadapan dengan dominasi industri perikanan skala besar yang bertumpu pada investasi swasta dan penanaman modal asing. Akibatnya, kehidupan 90 persen dari total nelayan tradisional di Indonesia sulit lepas dari jerat kemiskinan.
Banyak sekali komunitas nelayan yang tersebar di seluruh Indonesia masih berada di bawah garis kemiskinan. Hal ini terjadi karena belum diberdayakannya potensi sumber daya alam laut secara optimal untuk kemakmuran seluruh bangsa. Tingginya pencemaran laut baik dari industri maupun oleh limbah rumah tangga membuat ikan tidak lagi betah berada diperairan. Dampaknya adalah pada nelayan yang tidak mendapatkan ikan lagi ketika melaut dengan kapal kecil.


Melihat kondisi demikian, sudah saatnya pemerintah memprogramkan jaminan sosial bagi nelayan Indonesia. Karena jika nelayan Indonesia tidak menangkap Ikan, maka nelayan asing yang akan bersuka cita untuk mencuri ikan-ikan di Indonesia. Pemerintah wajib mengkondisikan suasana kondusif untuk peningkatan usaha perikanan dengan mengurangi jumlah pencurian ikan dan mengajak generasi muda kembali memahami budaya cinta bahari dengan mencintai laut. Karena nelayan tradisional adalah bagian dari rakyat Indonesia yang juga mempunyai hak untuk menentukan keberlangsungan kehidupan bangsa dan negara. Oleh karena itu, sebagai bagian dari rakyat maka hak-hak nelayan tradisional dijamin dan dilindungi oleh negara maupun pemerintah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

hiiiiiiiiiiiiiiiiiii...