Sabtu, 29 Oktober 2011

Cinta Tanah Air

Tanah Air
By: Ibu Soed
________________________________________
Tanah air ku tidak kulupakan
Kan terkenang selama hidupku
Biarpun saya pergi jauh
Tidakkan hilang dari kalbu
Tanah ku yang kucintai
Engkau kuhargai
Walaupun banyak negeri kujalani
yang mahsyur permai di kata orang
Tetapi kampung dan rumahku
Disanalah ku rasa senang
Tanah ku tak kulupakan
Engkau kubanggakan
Tanah air ku tidak kulupakan
Kan terkenang selama hidupku
Biarpun saya pergi jauh
Tidakkan hilang dari kalbu
Tanah ku yang kucintai
Engkau kuhargai

Demikian sepenggal lirik dari sebuah lagu nasional yang berjudul “Tanah Air”, ciptaan Ibu Soed. Syair yang terdapat dalam lagu tersebut begitu indah dan memiliki arti yang sangat mulia. Tanah air ku tidak kulupakan, kan terkenang selama hidupku. Ini menunjukkan rasa kecintaan dan nasionalisme terhadap tanah air. Rasa cinta tanah air, mungkin itulah salah satu kata yang tepat untuk menggambarkan isyarat dari lagu ini.
Kata ‘Tanah Air’ mempunyai makna yang sangat mendasar. Tanah adalah bagian paling dasar dan bagian paling akhir dari segala kehidupan manusia di muka bumi. Mulai dari bahan dasar tubuh manusia, sepeninggalnya manusia hingga berbaurnya manusia dengan tanah. Tanah merupakan tempat semua bangunan-bangunan berdiri, rumah-rumah tempat kita tinggal, sampai gedung-gedung pencakar langit. Semua berdiri pada dasar yang sama, yaitu tanah. Tanah dan air adalah dua elemen yang mutlak tak dapat dipisahkan dari kelangsungan hidup manusia. Air yang membuat segala yang ada di atas tanah menjadi tumbuh dan bertahan hidup. Demikianlah mendasarnya kebutuhan manusia akan kedua elemen tersebut.
Tanah dan air sudah sepatutnyalah menjadi sesuatu yang tak terukur nilainya, tetapi keberhargaannya itu seharusnya menjadi pemersatu, bukan menjadi pemecah diantara kita. Kecintaan kita yang begitu besar akan tanah dan air seharusnya juga menjadi kecintaan kita kepada Tanah Air kita, Indonesia. Bukan untuk kekuasaan, tetapi untuk kemerdekaan. Karena
tidak ada tempat yang lebih nyaman selain tanah air sendiri.
Walaupun banyak negri kujalani, Yang masyhur permai dikata orang, Tetapi kampung dan rumahku, Di sanalah kurasa senang, Tanahku tak kulupakan, Engkau kubanggakan. Walaupun kemudian nasib membawa sebagian dari kita melanglang buana dan tinggal jauh dari tanah air, namun hendaknya kita tidak melupakan tanah air tercinta, yaitu Indonesia. Walau Indonesia penuh dengan segala macam masalah dan bencana alam, tetapi Indonesia tetaplah negeri tercinta dimana aku dilahirkan dan dibesarkan. Dengan segala kekurangan dan kelebihan yang dimiliki oleh Indonesia, rasa cinta tanah air ku tetap melekat dihatiku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

hiiiiiiiiiiiiiiiiiii...